si embul MUL EX

Percaya atau enggak ini orang tua memberikan nama tanda “X” karena terinsipirasi dari tokoh comic yang ngehits banget dengan kekuatan super powernya, tapi memang ni bocah sumpah aktif banget luar biasa, wajar sih namanya juga baru kelas III. Oke .. ni anak murid favorit saya nama lengkapnya MUL EX. Buang segala imajinasi lo yang mengartikan EX sebagai kalimat berartikan “mantan”, karena mantan itu harusnya disimpen dalam berangkas dan gak harus dibuka lagi tapi di simpen rapi dan bersih. lo fikir mantan itu piring kotor atau benda antik Ri? Saya aja gak ngerti ngomong apaan. Udah ah,, balik ke cerita si MUL EX, jadi dia ini murid yang hiper-aktif. Coba bayangkan.. Mul Ex itu anaknya montok alias gendut, rambut pendek tapi rambut berjenis keras itu terus suka lari-lari, kalau di kelas suka gangguin temennya, terus yang Wah banget adalah jago banget ngeles dan suka buka baju !! Alesanye karena kepanasan katanya. Buseeettt ! dalam satu jam, saya bisa ngingetin dia untuk merapikan baju, entar kalau udah rapi balik lagi, kadang terbuka baju kancing yang di bagian atas, dia doyan gak pake sepatu, alesannya kaos kakinya panas, duper sabar dah ! tapi gegara murid yang satu ini, saya jadi rajin baca buku refrensi anak dan seminar anak via youtube. nah,, kalau menghadapi Mul ternyata gampang banget ! caranya adalah.. ajak dia untuk bermain sambil belajar, contoh :

Saya : Mul, duduk !

Mul : awak ko pinjam penghapus pak ! (saya lagi pinjam penghapus pak)

Saya : siapa yang yang tidak duduk rapi, gak boleh ikut game.

Mul : awak ko duduk pak. (saya sekarang mau duduk pak)

Saya : dalam hati,, hahahaha bagus, murid sholeh, murid baek budi , sambil mengeluarkan ekspresi seperti Mak Lampir mau menerkam Brama Kumbara dan tertawa kecil.

gambar saat saya harus ngikutin gaya Mul EX, wahahaha 🙂

 

Mul Ex minta foto selfie, karena dia telah berhasil menyelesaikan tugas menuliskan nama-nama sayuran dan buah-buahan dalam pelajaran Pendidikan lingkungan hidup, yessss !

 Ada tips untuk menghadapi murid yang suka bawel, suka aktif, pokoknya suka semuanya yang buat guru kadang gerraaahhh kalau udah masuk kelas ala-ala saya, begini tipsnya ;

  1. Anda semua gak perlu sok berpenampilan Killer, karena apa? Murid ga ada yang akrab sama anda, kalau udah begini, anda sendiri yang repot. Jadilah guru yang suka senyum, ingat senyum adalah sedeqah.
  2. Anda guru? Banyakin baca buku permainan psikologi anak. Anda guru dan gak tau permainan? Kelar hidup anda di dalam kelas, bakalan Monoton dan siswa tidak akan berkembang secara kognitif.
  3. Jangan pernah memukul anak di dalam kelas, cukup di tegur aja atau deketin tapi tetep dengan ekspresi marah !kalau anak-anak dipukul akan menjadi murid yang takut untuk menampilkan imajinasi kreatifnya.
  4. Puji murid tersebut kalau dia memang berhasil melakukan tugas, atau melakukan sesuatu.

Nah,, gimana ? ini tips ala saya, dan saya selalu berhasil menaklukan siswa yang mirip si Mul EX dengan tips di atas, semoga manjur-jur !! silahken dicube…. Mana tau ada yang punya pengalaman sama kaya saya, ya kan??? Hehehe….. ohya satu hal yang paling buat saya seneng dari dunia anak adalah mereka akan jujur disaat mereka merindukan kita gegara lama gak masuk kelas, terus kalau ketemu di luar kelas mereka akan dengan polosnya bilang “Bapak, cepatlah masuk ke sekolah kita sudah mau belajar lagi sama bapak”, apalagi kalau udah dua minggu gak masuk, begitu masuk ke kelas langsung di peluk sama anak-anak rasanya tak bisa diucangkapkan dengan kata-kata. pokoknya macem-macem testimony yang buat saya semakin cinta sama anak-anak. Hehehe.. I love my student….

penjelajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *